Minggu, 11 September 2011

Maxxi Museum Roma

Modern Side of Rome

Oleh Kevin

Selama ribu tahun, ratusan bahkan ribuan arsitek telah menghias Roma dengan berbagai mahakarya belatar belakang sejarah menarik yang masih dapat anda saksikan hingga saat ini. Ada bangunan yang disempurnakan oleh arsitek selama beberapa generasi seperti Pantheon dengan kubahnya yang unik karya Cocceius Auctus dan disempurnakan oleh Apollodorus. Ada juga Palazzo della Cancelleria, istana bergaya renaissance pertama yang sebagian bahan bangunannya diambil dari reruntuhan Teater Pompeii. Peruntukan bangunan pun berubah-ubah mengikuti jaman, seperti Colloseum yang pada awalnya dibuat untuk pertunjukkan tarung gladiator kemudian berfungsi sebagai gereja, kuburan, bahkan benteng pertahanan.

Masing-masing bangunan menjadi penanda kejayaan sebuah era dan memberikan karakter tersendiri pada kota abadi ini. Mengerti akan pentingnya Roma dalam peta arsitektur dunia, Zaha Hadid, arsitek wanita kelahiran Iraq yang terkenal dengan beragam karyanya yang asimetris dan spektakuler, memberikan sebuah mahakarya berupa sebuah bangunan museum untuk warganya. Dari luar Museum Maxxi tampil dengan garis sederhana, tidak mengikuti kaidah arsitektur tertentu. Namun kejutannya akan anda temukan ketika anda masuk ke dalam museum yang baru dibuka pada Mei 2010 lalu. Struktur bangunan yang unik membuat cahaya matahari dapat masuk dengan leluasa memberikan penerangan hampir disetiap sudut bangunan. Tangga yang terbuat dari logam menghubungkan lobi dan berbagai galeri dengan alur yang tidak beraturan menghasilkan efek sinematik. Walaupun hanya terdiri dari beberapa galeri, museum yang didedikasikan untuk seni dan arsitektur ini telah memiliki beragam koleksi penting karya perupa modern seperti Anish Kapoor, Gino De Dominics dan William kantridge serta karya arsitek ternama seperti Carlo Scapa dan Vittorio de Feo dalam berbagai bentuk dokumentasi seperti foto, gambar dan model. Karena keunikannya Zaha Hadid memperoleh penghargaan World Building of the Year dari World Architecture Festival tahun lalu. 


Mengunjungi gedung dengan dominasi warna hitam, putih, dan abu-abu yang terbagi dalam lima struktur ini akan membuat anda memahami Roma yang selalu dapat beradaptasi dengan perputaran roda jaman.





MAXXI NATIONAL MUSEUM OF XXI CENTURY ARTS,  via Guido Reni, 4 A 00196 Roma, tel. +39 06 3996 7350, e.mail : info@fondazionemaxxi,it atau www.fondazionemaxxi.it/en


Tidak ada komentar:

Posting Komentar