Sabtu, 19 Maret 2011

Mewujudkan Rumah Berkesan Ringan

Mewujudkan Rumah Berkesan Ringan

Executive summary By Kevin

Memiliki rumah adalah impian setiap orang, apalagi bagi banyak pasangan muda yang baru menikah. Tidak hanya berlokasi strategis dan fasilitas yang lengkap, tapi juga rumah yang sesuai kocek.

Mencari rumah besar di pusat kota dengan harga terjangkau, tentu hal itu nyaris mustahil. Akhirnya pilihan kerap jatuh ke pinggiran kota. Walaupun bentuk rumah sederhana dan mungil, tapi tetap memiliki akses strategis.


Nyaman sering diidentikan dengan ruang yang luas, ringan, dan memiliki sirkulasi udara yang lancar. Dengan keterbatasan lahan bukan jadi halangan mewujudkan kenyamanan tersebut. Justru disinilah sipemilik rumah harus pandai menyisiati konsep huniannya agar menjadi tempat tinggal idaman.

Ada beberapa langkah yang dapat diterapkan. Bermain dengan tata letak ruang dan pemilihan perabot, misalnya. Kunci utamanya adalah kreativitas dan berani mengadopsi desain hunian sesuai dengan selera dan kocek.


Salah satu langkah efektif adalah berani “membuang” sebagian tembok. Jenis tembok tersebut adalah yang terasa menghalangi sirkulasi udara yang berkesan berat.

Contohnya, Anda dapat “membuang” sebagian tembok ruang tamu depan menjadi ruang duduk terbuka sebagai bagian teras. Ruang duduk ini dapat ditunjang dengna furniture simple, ditambah kehadiran taman mungil dan kolom hias.


Hal lainnya adalah mengubah langit –langit di ruang keluarga menjadi sebuah skylight. Kehadiran skylight dapat membantu mengurangi kesan sempit ruangan dan mendukung pencahayaan alami.

Bila hunian Anda memiliki langit-langit yang tinggi, keberanian berkreativitas pun dapat kembali diuji. Cobalah buat void di tengah ruangan ataupun di area tangga. Hadirnya void ini selain sebagai gradasi antar ruang sekaligus mampu menciptakan sirkulasi udara.

Selanjutnya adalah menciptakan area lapang dengan menyatukan ruang makan dan dapur kering. Pilihlah kitchen set dan perabot meja makan berdesain minimalis serta berukuran proporsional untuk menambah kesan ringan.


Ciptakan pula keterbukaan dengan mengganti perabot berbentuk massif dengan yang leibih ramping. Misalnya, selama ini Anda membatasi ruang tamu dan ruang keluarga dengan lemari pajangan yang besar, cobalah ganti dengan rak terbuka berbahan kayu maupun bamboo.

Sementara itu, jangan lupakan untuk memilih cat tembok berwarna pastel atau cerah untk memberikan aksen estetis dan lapang. Di sudut ruangan , Anda dapat memberikan cata dengan warna berbeda dengan color tone lebih gelap untuk memberikan kesan hangat. Selamat berkereasi! [HDG]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar