Senin, 21 Maret 2011

Property | eksterior

Oleh Kevin


Dari segi desain arsitektur, tentu saja rumah-rumah di Indonesia berbeda dengan yang ada di Negara lain seperti di eropa. Akan tetapi, satu hal yang paling kentara adalah teras, yang bagi masyarakat Indonesia bagian ini menjadi elemen yang tak pernah luput saat membangun rumah.

Meski bisa berada di bagian belakang atau samping, pada umumnya teras diletakkan di bagian depan rumah. Fungsinya, jika mau ditilik lebih jauh adalah sebagai ruang transisi antara ruang luar dan dalam. Oleh karena itu, teras juga sebaiknya memiliki karakter yang senada dengan ruang dalam namun tidak mengesampingkan posisinya yang ada di luar.


Ukuran teras juga tidak pasti, tergantung dari ukuran lahan, yang pasti bagian yang satu ini perlu dirias sedemikian rupa agar dapat mempercantik rumah, salah satunya dengan menambahkan furniture atau pernak-pernik.

Pertama, yang patut diperhatikan adalah, furniture dan aksesoris yang ditempatkan pada sebuah teras sangat tergantung pada kebutuhan yang berkaitan dengan letak dan fungsi teras. Ada yang dibuat ala kadarnya agar air hujan tidak mengenai bangunan rumah, ada yang sebagai ruang tamu, tempat bersantai, atau tempat menerima tamu yang tidak terlalu dekat. Semua tersebut akan menentukan model dan desain furniture yang bakal digunakan.


Setelah menentukan desain, hal lain yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan pemilihan bahan karena di sini furniture tersebut akan terpapar hujan dan panas yang sangat memungkinkan merusak furniture tersebut.


Besi cor bisa menjadi pilihan yang tepat, akan tetapi jika akan menampilkan suasana yang lebih hangat, bisa menggunakan bahan kayu, yang tentu telah dilapisi bahan penguat agar tahan terhadap cuaca.


Akan tetapi bila teras cukup luas, sofa dapat menjadi pilihan yang tepat, karena di sini pula penghuni rumah dapat duduk santai atau bercengkerama.


Hal-hal tersebut berlaku pula untuk aksesoris mana yang akan digunakan sangat tergantung pada selera masing-masing, tapi jangan lupa untuk memperhitungkan luas teras dengan ukuran aksesoris, jangan sampai malah aksesori tersebut membuat teras tampak sesak.




1 komentar:

  1. Wah mantap sekali ya pasti jika kita punya rumah seperti itu hehehe...Tapi masih dlm promosi Jual Tanah nih untuk tambah modal usaha,semoga bisa cepet laku..

    BalasHapus