Senin, 26 Mei 2014

PROPERTI | KELENTENG

Ornament pada Propeti China

Disajikan ulang Oleh Kevin

Property china, baik tempat tinggal, gedung pertemuan, atau temapt ibadah, memiliki sejumlah oranmen yang kahs. Bergam ornament tersebut mengandung makna kebaikan. Khusus untuk kelenteng, jenis oranmen terdiri agtas manusia, hewan, dan tumbuhan. Berikut gambaran dari ketiga jenis ornament, disarik dari artikel yang ditulis Sriti Mayang Sari dan Raymond Soelistio Pramono dalam Jurnal Dimensi Interior, Volume 6 Nomor 2, Desember 2008.

Manusia

PADA ornament manusia, sering dijumpai sosok Men Sin, yakni sepasang ksaria yang menjaga pintu masuk. Ksatria tersebut bernama Cin Siok Poo atau Perwira muka putih yang berada pada daun pintu kiri, dan Oei Tie Kiong atau perwira Muka Hitam pada daun pintu kanan.

Ada juga lakon Pat Sian yang menggambarkan delapan dewa dalam cerita Tang Yu (Kisah Perjalanan ke Timur). Delapan dewa itu dipercaya sebagai para pelindung profesi pekerjaan. Oranmen pat Sian umumnya dihadirkan pada meja altar dalam rupa lukisan dinding.

Tak ketinggalan synopsis drama Sam Kok yang mengisahkan pertempuran tiga negara. Episode yang dicuplik yakni pengambilan sumpah saudara antara Lauw Pie, Kwan Kong, dan Thio Hwie di Taman Persik. Penggalan cerita ini acap dilukiskan pada tembok. Adapun potongan kisah See Yu menjadi ornament pada ruang-ruang pemujaan para dewa yang umumnya terdapat pada balok tarik kuda-kuda dan tembok.

Hewan

ADA beberapa jenis hewan yang lumrah dijumpai pada ornament bangunan kelenteng. Semisal naga, burung api, kura-kura, rusa, singa (Ciok Say), kelelawar, dan bangau. Hewan-hewan tersebut mengusung makna dan bertaut dengan warna yang menyertainya.

Naga misalnya, dipercaya sebagai symbol kekuatan, kebijaksanaan, dan keberuntungan. Warga China meyakini naga menjadi raja segala binatang di alam semesta. Naga dianggap memiliki tubuh yang menunjukkan dapat hidup di tiga alam, yaitu kepala seperti buaya, badan seperti ular, serta lengan dan cakar seperti burung.

Naga juga menjadi perlawanan terhadap roh jahat dan menjaga keseimbangan Hong Shui. Hewan yang berada di tingkat tertinggi ini mempunyai kekuatan hebat dan bisa menyebarkan kebahagiaan. Ornament naga banyak dipakai pada pilar, dinding, pintu , atap, dan altar. Ada banyak model ornament naga yang memiliki makna berbeda jika dilihat dari warnanya.

Tumbuhan

TUMBUHAN juga menyemarakkan ornament properti China. Yang umum ditemui adala hbunga teratai. Bunga yang tumbuh di air ini mewakili kesucian dan kesuburan karena warnanya yang putih.

Ada pula bunga botan, plum, dan seruni. Ketiga jenis bunga itu sering melambangkan keteguhan dan kekuatan hati dalam peziarahan di dunia. Ornament ini sering terdapat pada partisi dan dinding. Untuk menghadirkan atmosfer kasih, kehormatan, dan kekayaan, bunga peoni banyak dipilih sebagai ornament.

Sementara itu, bunga krisan dipakai sebagai ornament yang membawa sukacita dan penolakan hal-hal negative. Bamboo dan cemara juga dihadirkan sebagai ornament untuk mewakili harapan panjang umur, keuletan, dan kekuatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar