Minggu, 06 Maret 2011

Hadirkan Atwork dalam Ruang


Hadirkan Atwork dalam Ruang


Executive summary By Kevin

Terlepas dari desain dari tiap furniture yang digunakan dalam ruang, memadupadankannya dengan tepat merupakan resep utama untuk membuat tampilan ruang tampil apik. Jangan lupa “bumbu penyedapnya” yang tak kalah penting, member aksen lewat atwork atau benda seni.

Yangdimaksud dengan benda seni dalam hal ini adalah hasil karya yang memiliki cita rasa seni tinggi sekaligus mampu mendongkrak estetika desain ruang. Yang kerap ditemukan adalah lukisan, patung, atau bahkan lampu yang memiliki desain dan material unik sehingga menghasilkan pendaran cahaya yang tak kalah cantik tatkala lampu dinyalakan.

Bentuknya memang bisa beragam, yang perlu diperhatikan adalah harmonisasi warna, bentuk, maupun tema benda seni tersebut dengan ruangan secara keseluruhan. Kesesuaian gaya pada setiap elemen desain dalam setiap ruangan akan berpengaruh pada estetika desain maupun kenyamanan saat berada di dalamnya.

Bayangkan, apabila semua elemen saling tabrak tanpa ada benang merahnya, tentu akan member kesan ruangan sangat sesak dan tak sedap dipandang mata.

Selanjutnya, letakan bebnda seni pada tempat yang tepat. Benda seni ini bisa berfungsi lebih dari sekadar pelengkap desain, tetapi justru menjadi elemen desain yang utama. Sebuah lukisan berukuran besar, misalnya, bisa menjadi local point atau titik perhatian dseesain ruang secara keseluruhan. Tn lak sedikit yang memanfaatkan lukisan bergaya kontemporer dijadikan latar belakang untuk area duduk.

Bisa juga meletakan patung disalah satu sudut ruang, lalu tambahkan dengan teknik pencahayaan setempat agar semakin terlihat menonjol sekaligus estetik. Cara ini banyak digunakan untuk ruangan yang kental dengan gaya etnik maupun desain kontemporer.

Untuk menambah kesan etnik pun bisa dilakukan dengan memajang kain tenun tradisional pada sebuah dinding. Agar tampak serasi, kain dipajang dengan menggunakan kayu khusus yang tak kalah etnik, yang biasanya dihiasi dengan ukiran. Atau, justru menjadikannya sekat nonmasif dalam ruangan. Sederhana, tetapi bisa memberikan hasil memukau,bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar