Rabu, 08 Juni 2011

Properti | Apartemen

Gaya apik Dengan Desain Cermat

Oleh Kevin




TINGGAL di apartemen dengan lokasi strategis memang menjadi solusi untuk mendukung gaya hidup praktis dan meningkatkan kualitas hidup. Hanya, kesulitan utama tinggal di apartemen adalah menyiasati ruang yang serba terbatas agar mampu mengakomodasi kebutuhan harian tanpa membuatnya terlihat semakin sempit.

Kalau sudah begini, pandai-pandai mengatur ruang dan memilih furniture menjadi hal yang tak bisa ditawar. Kerapian dan kebersihan juga sangat penting agar ruang yang mungil tak terlihat semakin pengap, dengan tempat penyimpanan yang tepat.

Yang utama adalah memerhatikan desain tempat penyimpanan, agar selaras dengan desain interior secara keseluruhan atau bahkan, lewat desain tersebut, menjadikannya bagian dari elemnen desain. Tempat penyimpanan ini pun tak melulu harus berbentuk laci atau lemari, tetapi bisa juga dengan menyisipkannya sebagai bagian dari sebuah furniture.

Contohnya, memanfaatkan ruang kosong di bawah meja tamu untuk menyimpan buku, majalah, atau Koran agar tidak tersebar di berbagai tempat. Manfaatkan pula kursi Ottoman, yan selain berfungsi sebagi tempat duduk, laci bagian bawah dudukan juga bisa bermanfaat sebagai tempat menyimpan barang.

Sebagian orang juga sengaja memilih tempat tidur yang bagian bawahnya menyediakan laci penyimpanan baran. Furniture multifungsi ini pun kian banyak ditemui dengan beragam desain unik yang menjadi nilai tambah.

Akan tetapi, selain menggunakan desain furniture semacam ini, bisa juga dengan memanfaatkan bagian-bagian kosong yang belum tersentuh. Misalnya, memanfaatkan area kosong di bawah bak cuci piring untuk meletakkan tempat sampah. Lalu, buatlah penutup sehingga menyerupai laci dn berguna membuat bak sampak tidak terlihat, agar apartemen tetap terlihat rapi.

Jika memungkinkan, tak ada salahnya menggunakan model lemari tanam untuk lemari pakaian atau kitchen set sebagai cara untuk menyiasati ruang yang mungil mengingat desain tersebut lebih hemat tempat.

Pada dasarnya, menata apartemen agar terasa hangat dan nyaman terletak pada kedisiplinan diri untuk selalu membuatnya tampak rapi dan minim barang. Pertimbangkan dengan cermat sebelum membeli furniture; pastikan ukurannya tidak terlalau besar. Tak ada salahnya membuat garage sale secara berkala atau menyumbangkan barang-barang yang tak lagi terpakai pada yang membutuhkan, agar tidak ada penumpukan barang, yang tak hanya tak sedap dipandang, tetapi juga bisa menjadi sarang kuman.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar