Minggu, 03 April 2011

Properti | rumah hijau

Langit pun hijau dengan Green Roof

Oleh Kevin

Dewasa ini, kita semakin merasakan lahan hunian di kota-kota besar semakin sempit. Menurunnya kulaitas lingkungan , membuat kota-kota itu mencari lagi keseimbangan ekosistem. Makan hingga kini, pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) menjadi salah satu solusi yang dirasakan efektif.







Nah, cara kreatif untuk membantu mewujudkan RTH di lahan terbatas adalah dengan menghijaukan bagian atas bangunan seperti atap, teras, dan balkon menjadi taman atau atap hijau (green roof).

Program RTH sudah banyak dilakukan di kota-kota besar dunia seperti Singapura dengan nama skyrise greening project, ecoroof project di berlin dan program penghijauan kota New York serta Washington DC yang bertajuk green roof project.


Bahkan sejak tahun 2000, pemerintah Hongkong dan Jepang mewajibkan pengelola gedung menghijaukan atap. Mereka menyarankan luas si green foof minimal 20% dri total luas atap bangunan atau berkisar antara 250-1.000 meter persegi.

Menghijaukan atap bangunan dapat dilakukan dengan beragam cara. Atap dapat dikembangkan menjadi lapangan golf mini atau atap rumput, taman kafe, atau kebun sayuran. Hal ini berlaku pula bagi banguan rumah tangga.

Para pengguna gedung dan penghuni rumah dapat memanfaatkannya utnuk berkebun, bekerja di ruang terbuka , berolahraga, dan berelaksasi. Bahkan, membuat pesta di tap rumah atau gedung pun akan seru dan menarik untuk direalisasikan.


Di balik segala wujudnya, ad manfaat yang dapat dipetik. Green roof dapat memperindah tampilan luar rumah sekaligus meredam hawa panas yang ada didalam rumah.

Terdapat fakta menarik yang dilansir dari situs www.greenroofs.org, bahwa penempatan green foof mampu mengurangi biaya listrik. Pasalnya bila tanaman yang ada di bagian atap mempunyai tinggi sekitar 10 cm maka dapat mengurangi pemakaian mesin penyejuk udara sekitar 25%.

Di samping dapat meredam hawa panas di dalam rumah, tanaman di atas atap dapat membantu mengurangi kerusakan atap sekaligus berperan sebagai filter udara.

Selain itu, green roof pun mampu mengurangi suara bising dari luar rumah atau bangunan. Kembali dari situs green roof, dengan tinggi tanaman sekitar 12 cm , dapat mengurangi suara samapai 40 desibel. Tunggu apa lagi? Green roof pun bisa hadir dengan cara yang sederhanan. Yuk , ciptakan langit hijau di atas rumah kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar